Tuesday, April 4, 2017

PENYEBAB bantalan tulang sendi jadi menipis



Herman 
Rabu, 20 Mei 2015 | 23:38 WIB

Jakarta -  Osteoarthritis atau kerusakan pada tulang rawan sendi merupakan penyakit degeneratif yang menyerang usia tua. Kerana semakin bertambahnya usia, bantalan tulang sendi secara perlahan akan semakin menipis.

"Nyeri sendi pada osteoarthritis terjadi akibat bantalan tulang sendi yang menipis. Kerana seperti kita tahu kalau sendi merupakan daerah yang selalu bergerak. Bila ada problem pada bantalan tulang, tentunya akan menimbulkan rasa nyeri, terutama ketika melakukan aktivitas yang membuat tumpuan sendi lebih tinggi seperti naik tangga," ujar dokter spesialis bedah orthopedi dari Siloam Hospitals Kebon Jeruk, Karina Besinga, di Jakarta, Rabu (20/5).

Tidak hanya kerana faktor usia, menipisnya bantalan tulang menurutnya juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. "Setiap orang terlahir dengan konsistensi bantalan tulang yang berbeda-beda. Ada yang bisa bertahan lama, namun ada juga yang cepat menipis," ungkapnya.

Bila osteoarthritis terjadi pada usia muda, lanjut Karina, gangguan ini paling banyak terjadi kerana masalah kegemukan atau obesitas akibat tulang rawan sendi dipaksa menahan beban tubuh yang terlalu berat.

"Pada usia muda, osteoarthritis juga bisa muncul kerana ada riwayat cedera atau trauma di daerah persendian. Sebab setelah dioperasi, permukaan sendi biasanya sudah tidak halus lagi, hingga bisa terjadi gesekan antara tulang," jelasnya.

Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan kebiasaan begadang menurutnya juga bisa mencetuskan terjadinya osteoarthritis. "Merokok dan begadang dapat mengurangi aliran oksigen di dalam darah. Padahal oksigen merupakan materi yang penting untuk mempertahankan kelangsungan hidup sel," ungkap Karina.

-----------------

Disamping kenyataan di atas, tulang menipis juga ada kaitan dengan gaya kerja yang dilakukan berterusan dan berkesinambungan tanpa henti. 

Dinasihatkan kepada mereka yang mengalami simptom penyakit-penyakit dalaman dan penyakit hati supaya bersiar-siar ke wilayah lain seperti keluar bersama jamaah tabliq beberapa hari atau melancong bagi menghiburkan akal dan perasaan (hati). 

Di sana ada jalan penyelesaiannya.

Kita tinggal di garisan Khatulistiwa iklimnya (kawasan panas lembab digalakkan melancong ke kawasan Khatulistiwa atau kawasan panas kering seperti Arab Saudi).

Dinasihatkan juga berwaspada bila melancong ke kawasan sejuk (yang ada salji) terutama mereka yang berpenyakit darah tinggi.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Your Website Title
How to Share With Just Friends

How to share with just friends.

Posted by Facebook on Friday, December 5, 2014